Tokoh  

Mohammad Zen Datuak Rajo Magek, Dokter Pertama Pesisir Selatan

Mohammad Zen Datuak Rajo Magek. Foto: Istimewa.

Bandasapuluah.com – Mohammad Zen Datuak Rajo Magek adalah putra Pesisir Selatan, Sumatera Barat pertama yang berprofesi dokter. Namanya di abadikan sebagai nama rumah sakit di Pessel. Meskipun ada kesalahan penulisan namanya di rumah sakit milik daerah itu.

Latar Belakang Keluarga Mohammad Zen

Mohammad Zen lahir di Tarusan, sekitar tanggal 28 atau 29 April 1896. Ayah Mohammad Zen bernama Tuanku Jibun. Sedangkan nama ibunya, tidak di ketahui.

Mencius Zen yang merupakan anak Zaini Zen dan cucu Mohammad Zen menjelaskan, ayah Mohammad Zen yaitu Tuanku Jibun tidak ada kaitannya dengan Bujang Jibun yang merupakan tokoh utama dalam cerita rakyat yang melegenda di Kecamatan Sutera.

Ia menceritakan, bahwa sewaktu adiknya, Mahavira Zen masih bersekolah di jenjang Sekolah Dasar (SD) melihat seorang tua di belakang rumahnya di Jalan Kampung Jawa, Painan.

Orang tua itu mereka sebut dengan Si Jibun. Mereka tidak mengetahui bahwa orang tua itu adalah kompiang atau ayah dari kakek mereka.

Kejadian itu di sampaikan kepada ayahnya, Zaini Zen. Saat itu, Zaini Zen menjabat sebagai Bupati Pesisir Selatan. Mendengar hal tersebut, Zaini Zen seketika itu marah sebab kakeknya bernama Tuanku Jibun bukan si Jibun.

Lebih lanjut, Mencius menambahkan, ibu Mohammad Zen berasal dari kaum Caniago di Tarusan. Akan tetapi, nama ibu dokter pertama di Pesisir Selatan itu tidak di ketahui.

“Ayah dan ibu Mohammad Zen berasal dari Tarusan. Ibunya berasal dari Kaum Caniago,” kata Mencius kepada Bandasapuluah.com.

  • Dapatkan berita dan artikel terbaru bandasapuluah.com di Google News
  • Gabung di Grup Facebook Kaba Bandasapuluah untuk mendapatkan informasi berita terbaru dan terlengkap hari ini.
  • Update terus berita terbaru dan terlengkap hari ini dengan menyukai Halaman Facebook bandasapuluah
Zarfi Deson

Zulhendri

Tinggalkan Komentar