Profil Syamsu Anwar, Urang Sutera Jebolan Akabri Pertama, Seangkatan dengan LBP

Redaksi
17 Jan 2022 08:42
Tokoh 0 31
3 menit membaca

Bandasapuluah.com – Syamsu Anwar merupakan urang Sutera atau putera Kecamatan Sutera yang menjadi jebolan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) pertama.

Syamsu Anwar lulus pada tahun 1970 dari Akademi Militer Nasional yang kini bernama Akademi Militer. Luhut Binsar Panjaitan adalah salah satu teman seangkatannya. Selain Luhut, ada juga nama Fachrul Razi, Subayo Hadi Siswoyo, Tyasno Sudarto, Johny Lumintang, Mardiyanto dan yang lainnya.

Karir militernya banyak dilalui di Timor-Timur atau Timor Leste sekarang dengan pangkat terakhir tiga melati di pundak atau Kolonel.

Berikut profil singkatnya:Kolonel (Purn) Syamsu Anwar lahir di Taratak, 15 Maret 1944. Ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Dua adiknya yaitu M. Natsir Anwar dan Abbas Anwar.

Dikutip Bandasapuluah.com dari blog.surantih.com, Kolonel (Purn) Syamsu Anwar lahir di Taratak, 15 Maret 1944. Ia merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Dua adiknya yaitu M. Natsir Anwar dan Abbas Anwar.

Pendidikan sekolah dasarnya di diselesaikan di Sekolah Rakyat (SR) Taratak. Kemudian, dilanjutkan di SMP Batang Kapas dan SMA di Salido Painan.

Ketika lulus dari SMA, Syamsu kemudian melanjutkan pendidikan di Universitas Andalas (Unand). Dua tahun menjalani kuliah di Unand, pada 1967 ia kemudian bergabung dengan Akademi ABRI (Akabri).

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *