Sumbar  

Wamen LHK Kunjungi Pessel, Ini yang Ditinjau

Kunjungan wakil menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Alue Dohong ke Pesisir Selatan, Sumatera Barat
Lowongan Kerja

Bandasapuluah.com – Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong didampingi Wakil Bupati Pesisir Selatan Rudi Hadiyansyah berkunjung ke Pesisir Selatan.

Dalam kesempatan itu,

mengunjungi Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (BBTNKS) Wilayah II Sumatera Barat Resort Kambang, Kecamatan Lengayang, dan PLTMH di Kecamatan Ranah Pesisir, Rabu (24/8).

Pada kunjungan itu, Alue Dohong sempat berdialog dan memberikan pengarahan langsung terkait pengamanan kawasan hutan kepada petugas TNKS.

Selain itu ia juga mendengarkan penjelasan tentang kegiatan pengawasan dan pengamanan kawasan hutan dari petugas TNKS.

Selanjutnya, Alue Dohong berpindah mengunjungi PT Dempo Sumber Energi yang berada di Nagari Pelangai Gadang, Kecamatan Ranah Pesisir.

“Ya salah satu yang saya lihat hari ini adalah Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro yang dimiliki oleh PT Dempo. Saat ini kita melihat, PT Dempo menghasilkan listrik yang cukup besar”, ucapnya.

Ia menjelaskan, listrik yang dapat dihasilkan oleh PLTMH ini bisa mencapai 2×4,9 megawatt.

“Kurang lebih dalam setahun bisa sampai 50-60 gigawatt,” jelasnya

“Kunci keberlangsungan ini adalah dari debit airnya, debit airnya akan terpelihara apabila hutan disekelilingnya terjaga dan terpelihara dengan baik, sehingga ini penting dan energi baru terbarukan, dan masyarakat sekitar dapat menikmati listrik murah”, tambahnya.

Baca Juga:  Rudi Hariyansyah Akui Turunkan Angka Buta Aksara Bukan Perkara Mudah

Ia mengapresiasi kinerja para petugas TNKS yang tanpa kenal lelah melaksanakan tugas pengawasan dan pengamanan hutan dari berbagai aksi pengerusakan.

Ke depan, pengawasan dan pengamanan kawasan hutan oleh petugas TNKS harus ditingkatkan.

Lebih lanjut, ia mengatakan, peran masyarakat dalam pengamanan hutan juga sangat dibutuhkan,

Sementara itu, Wabup Pessel Rudi Hariyansyah menyampaikan terima kasih kepada wamen LHK yang telah menyempatkan diri berkunjung ke Pesisir Selatan, terutama memantau kawasan TNKS dan bertemu masyarakat di sekitar kawasan hutan.

“Melalui kunjungan ini, Wamen LHK bisa melihat secara langsung kondisi wilayah Pesisir Selatan yang juga memiliki kawasan TNKS. Kita juga berharap agar Kementerian LHK menggulirkan lebih banyak program pemberdayaan ekonomi, terutama untuk masyarakat yang bermukim di pinggir TNKS,” harapnya.

ZC Ali Tanjung
  • Dapatkan berita dan artikel terbaru bandasapuluah.com di Google News
  • Gabung di Grup Facebook Kaba Bandasapuluah untuk mendapatkan informasi berita terbaru dan terlengkap hari ini.
  • Update terus berita terbaru dan terlengkap hari ini dengan menyukai Halaman Facebook bandasapuluah

Tinggalkan Komentar