Sumbar  

Upacara Kemerdekaan RI di Atas Sampan, Batang Arau Diharapkan “Merdeka” dari Sampah

Upacara Hari ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 yang digelar di atas Sampan di Batang Arau, Kota Padang.
Lowongan Kerja

Bandasapuluah.com – Upacara bendera dalam rangka Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di Padang terbilang berbeda. Biasanya digelar di tanah lapang, kini justru dilakukan di atas sampan.

Rabu (17/8), sejumlah pemuda yang tergabung ke dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gunung Padang, melaksanakan upacara bendera di atas sampan di Batang Arau, Kecamatan Padang Selatan.

Sebanyak 12 sampan ikut terlibat dalam upacara tersebut. Upacara HUT RI ke-77 itu dipimpin Babinsa dengan inspektur upacara lurah setempat.

Bendera merah putih dipancang di tengah muara sungai dengan bambu sebagai penopang. Kemudian seluruh perahu mengitari bendera merah putih.

Selain diikuti anggota Pokdarwis, juga nampak hadir sejumlah komunitas. Termasuk Koalisi Masyarakat Peduli Batang Arau (KMPBA). Mereka hormat bendera dari atas sampan masing-masing.

Ketua Pokdarwis Gunung Padang Faula Ismi mengatakan, tujuan penting dilakukannya upacara bendera di atas sampan dalam rangka mengenalkan kawasan Batang Arau sebagai “kampung nelayan”. Hampir seluruh warga di kawasan itu hidupnya bergantung dari tangkapan ikan di laut.

Baca Juga:  Pemko Solok Harap Dukungan Lisda Hendrajoni Untuk Maksimalkan Potensi Daerah

“Di sini merupakan ‘kampung nelayan’, harapan kita tentu daerah ini semakin dikenal luas,” ujarnya.

Disebutkannya, selama ini kerap terjadi kendala saat nelayan menangkap ikan. Utamanya yakni sampah yang berserakan di sungai dan laut.

Klik untuk melanjutkan membaca halaman selanjutnya…

ZC Ali Tanjung
  • Dapatkan berita dan artikel terbaru bandasapuluah.com di Google News
  • Gabung di Grup Facebook Kaba Bandasapuluah untuk mendapatkan informasi berita terbaru dan terlengkap hari ini.
  • Update terus berita terbaru dan terlengkap hari ini dengan menyukai Halaman Facebook bandasapuluah

Tinggalkan Komentar