Peserta Pilkada Pesisir Selatan 2005

Lowongan Kerja

Pemilihan kepala daerah (Pilkada) Pesisir Selatan 2005 merupakan pilkada pertama di Pessel. Waktu pemilihan sendiri dilaksanakan, pada Senin, 1 Agustus 2005.

Saat itu, pilkada diikuti oleh 5 pasangan calon. Berikut daftar peserta Pilkada Pessel 2005 berdasarkan nomor urut:

Pasangan pertama adalah M. Yusril dan Bakri Bakar. M. Yusril berasal dari Tarusan sedangkan Bakri Bakar berasal dari Indrapura. Mereka diusung oleh koalisi Islam yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Bintang Reformasi (PBR), dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Selanjutnya, adalah Fahmi Asnan Kasri-Eva Fauza Yuliasman. Pasangan ini diusung koalisi Saiyo yang terdiri dari PDIP, PPD, PKPI, PD, PNBK. Fahmi berasal dari IV Koto Mudiak sedangkan Eva berasal dari Kambang.

Ketiga adalah pasangan A. Rahim-Asmil. Pasangan ini didukung oleh koalisi Badunsanak. Koalisi ini terdiri dari 12 partai politik yang tidak memiliki kursi di DPRD, tetapi total suara 15 persen pada pemilihan legislatif. A. Rahim berasal dari IV Koto Mudiak, Batangkapas. Sementara Asmil berasal dari Punggasan.

Baca Juga:  Selamat Ulang Tahun Ke-66, Pak Nasrul Abit

Selanjutnya, pasangan Saidal Masfiyudin dan Faisal Syarif. Ini merupakan duet putra Surantih dan Kambang. Pasangan ini diusung oleh partai Golkar.

Terakhir, Nasrul Abit-Syafrizal. Pasangan ini diusung Oleh Partai Amanat Nasional (PAN). Nasrul berasal dari Air Haji, Linggo Sari Baganti sedangkan Syafrizal berasal dari Painan, IV Jurai.

Pilkada Pessel 2005 dimenangkan oleh pasangan Nasrul Abit-Syafrizal. Mereka meraih meraih 72.738 suara kemudian disusul oleh pasangan M. Yusril dan Bakri Bakar dengan 71.542 suara.

ZC Ali Tanjung
  • Dapatkan berita dan artikel terbaru bandasapuluah.com di Google News
  • Gabung di Grup Facebook Kaba Bandasapuluah untuk mendapatkan informasi berita terbaru dan terlengkap hari ini.
  • Update terus berita terbaru dan terlengkap hari ini dengan menyukai Halaman Facebook bandasapuluah

Tinggalkan Komentar