Berapa Hasil 0 Pangkat 0? 0, 1 atau Tidak Terdefinisi? Ini Jawabannya

hasil nol pangkat nol
Berapa hasil dari nol pangkat nol? Untuk mengetahui jawabannya, simak penjabarannya disini

Bandasapuluah.com – Berapa hasil dari nol pangkat nol? Ada tiga pendapat terkait hal ini. Lantas mana yang benar? Ini jawabannya!

Pertama, sebagian sependapat bahwa nol pangkat nol adalah 0, sebagiannya lagi berpendapat hasilnya adalah 1. Sementara yang lain banyak berpendapat hasilnya adalah tidak terdefinisi. Untuk mengetahui kebenarannya, simak penjabaran berikut;

Dalam matematika, bilangan nol bila dipangkatkan dengan bilangan positif hasilnya adalah nol. Seperti; nol pangkat dua (0²) hasilnya adalah nol atau nol pangkat 6 (0⁶) hasilnya adalah nol. Dalam pola ini diketahui bahwa nol pangkat bilangan lain hasilnya adalah 0.

0⁴=0
0⁶=0

Namun, bagaimana dengan pola bilangan positif yang berpangkat nol. Seperti; delapan pangkat nol (8⁰) hasilnya adalah satu ataupun lima pangkat nol hasilnya juga satu. Bila kita ikuti pola ini tentu nol pangkat nol adalah satu. Sayangnya, nol bukanlah bilangan positif maupun negatif.

4⁰ = 1
6⁰ = 1

Disisi lain, bila nol dipangkatkan dengan bilangan negatif maka hasilnya adalah tidak terdefinisi. Seperti nol pangkat negatif lima hasilnya adalah tidak terdefinisi. Bila kita ikuti pola ini tentu kita berpendapat nol pangkat nol adalah tidak terdefinisi.

Dari beberapa kejadian diatas, sepertinya tidak ada satu nilai yang konsisten yang mampu merepresentasikan hasil nol pangkat nol.

Benarkah demikian? Bagaimana dengan jawaban matematikawan? Untuk mengetahuinya, klik halaman berikut;

  • Dapatkan berita dan artikel terbaru bandasapuluah.com di Google News
  • Gabung di Grup Facebook Kaba Bandasapuluah untuk mendapatkan informasi berita terbaru dan terlengkap hari ini.
  • Update terus berita terbaru dan terlengkap hari ini dengan menyukai Halaman Facebook bandasapuluah
Zarfi Deson

Zulhendri

Tinggalkan Komentar