Ayo Wisata ke Pesisir Selatan, Ada Bus Gratis Selama Setahun

Masjid Samudera Ilahi, salah satu daya tarik wisata di Pesisir Selatan
Lowongan Kerja

Bandasapuluah.com – Berwisata ke Pesisir Selatan, Sumatera Barat dijamin tak akan membuat kecewa. Selain objek wisatanya yang indah, sebentar lagi bakal ada bus gratis yang siap melayani para wisatawan yang akan berkunjung ke Pessel selama setahun kedepan.

Perkumpulan Keluarga Pesisir Selatan (PKPS) Sumatera Barat saat ini tengah menyiapkan satu unit bus yang akan mengaspal di Pesisir Selatan.

“Bagi masyarakat yang ingin mengunjungi Pesisir Selatan dapat memanfaatkan layanan bus pariwisata secara cuma-cuma,” terang Ketua PKPS Sumbar Sengaja Budi Syukur Dt Bandaro Jambak pada Bandasapuluah.com.

Budi menjelaskan dalam waktu dekat bus tersebut sudah bisa beroperasi.”Saat ini tengah dekorasi, pemberian cat. Sebentar lagi siap,” tegas Budi.

Ia menjelaskan, bus tersebut berkapasitas 30 penumpang dan akan membawa para wisatawan ke objek wisata unggulan di Pesisir Selatan.

“Objek wisata yang di kunjungi adalah Mandeh, Caracok dan Jembatan Aka,” tambahnya.

Ia berharap, wisatawan yang berkunjung ke Pesisir Selatan menjadi duta wisata Pesisir Selatan yang ikut mempromosikan wisata Pessel. “Harapannya wisatawan itu akan bercerita tentang Pessel. Tentu mereka akan menjadi duta wisata kita yang bakal mempromosikan Pessel,” harapnya.

“Orang bakal singgah, belanja dan makan di Pessel. Artinya, masyarakat Pessel akan merasakan langsung manfaat dari program ini,” sambungnya.

Baca Juga:  1 Tahun RA-RUDI, Kemiskinan Semakin Dalam dan Parah

Lebih lanjut, ia berharap bus gratis tersebut mampu mendongkrak wisata Pesisir Selatan yang menurun akibat Pandemi Covid-19.

Wisata Pessel Akibat Pandemi

Sebagaimana diketahui, pariwisata menjadi salah satu daya tarik terbesar Kabupaten Pesisir Selatan. Pemerintah daerah juga menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu fokus pembangunan ekonomi daerah.

Akan tetapi, Covid-19 yang mewabah dan menjadi pandemi selama dua tahun terakhir ini membuat sektor pariwisata lumpuh. Tak terkecuali di Pesisir Selatan.

Badan Pusat Statistik (BPS) Pessel mencatat, arus kunjungan wisatawan turun drastis di tahun 2020. Wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pessel turun dengan laju penurunan 93,15 persen.

Sejalan dengan kunjungan wisatawan mancanegara, jumlah kunjungan wisatawan domestik juga mengalami penurunan, yaitu sebanyak 91,43 persen
Secara keseluruhan, arus kunjungan wisatawan ke Kabupaten Pesisir Selatan menurun 91,43 persen di bandingkan tahun sebelumnya.

(Zal)

ZC Ali Tanjung
  • Dapatkan berita dan artikel terbaru bandasapuluah.com di Google News
  • Gabung di Grup Facebook Kaba Bandasapuluah untuk mendapatkan informasi berita terbaru dan terlengkap hari ini.
  • Update terus berita terbaru dan terlengkap hari ini dengan menyukai Halaman Facebook bandasapuluah

Tinggalkan Komentar