Di Sungai Liku Pesisir Selatan, 2 Lulusan Akpol 1990 Terima Gelar Kehormatan Adat

Kombes Pol Kamaruddin (berpeci hitam sebelah kiri) dan Brigjen Pol Jafriedi (berpeci hitam sebelah kanan)
Lowongan Kerja

Bandasapuluah.com – Bertempat di Nagari Sungai Liku Pelangai, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, dua lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1990 menerima gelar kehormatan adat Minangkabau.

Dua lulusan Akpol itu menerima gelar kehormatan adat di acara melewakan gala Datuak Rajo Basa Suku Malayu Tangah di daerah tersebut pada Minggu (20/11).

Keduanya adalah Brigjend Pol Jafriedi dan Kombes Pol Kamaruddin.

Brigjen Pol Jafriedi sendiri merupakan seorang polisi aktif yang menjabat sebagai Direktur Advokasi Deputi Bidang Pencegahan BNN RI. Sebelumnya, ia merupakan Kepala BNN Provinsi Lampung.

Jafriedi menerima gelar kehormatan adat dari kaum Datuak Rajo Basa Suku Malayu Tangah. Untuk dirinya, gelar kehormatan adat yang diberikan adalah “Rajo Baso”.

Diketahui, Jafriedi Rajo Basa sendiri adalah anak kamanakan kaum Suku Malayu Tangah Palangai yang besar di Payakumbuh. Ketika memberikan sambutan dalam acara tersebut, Jafriedi terlihat sangat fasih manyampaikan keturunan dari garis ibunya di Palangai.

Baca Juga:  Bachtiar Chamsyah Soroti Masalah Datuak yang Tidak Dihargai Kaumnya

Sementara itu, Kombes Pol Kamaruddin juga merupakan perwira polisi aktif yang memegang jabatan sebagai Karo Ops Polda Sumsel.

Pria kelahiran Makassar, 54 tahun lalu itu menerima gelar kehormatan adat yaitu “Rangkayo Mulia” dari suku Panai Palangai.

Kamaruddin sendiri menikah dengan seorang wanita asal daerah tersebut. Wanita itu bernama Ita yang merupakan adik kandung dari Jafriedi Rajo Basa.

ZC Ali Tanjung
  • Dapatkan berita dan artikel terbaru bandasapuluah.com di Google News
  • Gabung di Grup Facebook Kaba Bandasapuluah untuk mendapatkan informasi berita terbaru dan terlengkap hari ini.
  • Update terus berita terbaru dan terlengkap hari ini dengan menyukai Halaman Facebook bandasapuluah

Tinggalkan Komentar