Sonsong Pemilu Serentak Pemilu 2024, Bawaslu Pessel Gelar Konsolidasi dan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Bawaslu Pessel Gelar Konsolidasi dan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif
Lowongan Kerja

Bandasapuluah.com – Dalam rangka menyongsong pemilu serentak tahun 2024, Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menggelar Konsolidasi dan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif pada Senin (7/11).

Kegiatan yang digelar di Saga Murni Hotel ini diikuti oleh 60 orang yang terdiri dari unsur pemerintah dan berbagai organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda serta insan pers di Pesisir Selatan.

Akademisi dari Universitas Negeri Padang Eka Vidya Putra dan Akademisi dari UIN Imam Bonjol Padang Abrar menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Erman Wadison selaku Ketua Bawaslu Pessel membuka langsung kegiatan tersebut. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Sekretariat Bawaslu Pessel Rinaldi dan pimpinan berbagai OKP di Pessel.

“Kami menyambut baik kehadiran rekan semua untuk bersama-sama melakukan sosialisasi dan konsolidasi pengawasan Pemilu. Ini menjadi langkah awal jalannya pemilu yang jujur dan adil,” ujar Erman.

Kata Erman, Bawaslu Pessel sebagai lembaga Penyelenggara Pemilu sudah menyatakan siap melakukan pengawasan dan pemantauan jalannya tahapan dan pelaksanaan pemilu yang akan berlangsung tahun 2024.

Bahkan sejak dini, sebutnya, Bawaslu sudah melibatkan masyarakat dan pemuda dalam melakukan tugas tersebut. Bawaslu menyadari betul bahwa jalanya Pemilu harus melibatkan semua pihak agar nantinya menghasilkan pemilu yang berintegritas dan berkualitas.

Baca Juga:  Zarfi Deson Ingatkan Kader Golkar: Jangan Saling Sikut Demi Jabatan

“Dengan ruang lingkup yang sangat luas, tidak bisa dilaksanakan oleh Bawaslu dan jajaran. Sehingga sangat dibutuhkan partisipasi aktif dari semua pihak untuk peningkatan pengawasan pemilu,“ kata Erman.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatangan MOU kerjasama Bawaslu Pessel dengan 3 OKP di Pessel tentang Pengawasan Pemilu Partisipatif. Ketiga OKP itu ialah Ikatan Pemuda Tarbiyah Islamiyah (IPTI), Karang Taruna dan Pemuda Pancasila.

Erman berharap, dengan kerjasama tersebut dapat terbangun kesepahaman tentang Pemilu Partisipatif dalam menguatkan pengawasan pemilu.

“Bawaslu di kecamatan juga bisa melakukan kerjasama ini dengan OKP yang ada di daerah masing-masing,“ ujarnya.

Bukan saja menguatkan pengawasan pemilu, Erman juga mendorong semua pihak agar mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemiliu. Sebab, katanya, rakyat lah yang memegang kedaulatan.

“Semua ini adalah untuk menciptakan Pemilu yang berintegritas dan berkualitas,” ujar Erman.

ZC Ali Tanjung
  • Dapatkan berita dan artikel terbaru bandasapuluah.com di Google News
  • Gabung di Grup Facebook Kaba Bandasapuluah untuk mendapatkan informasi berita terbaru dan terlengkap hari ini.
  • Update terus berita terbaru dan terlengkap hari ini dengan menyukai Halaman Facebook bandasapuluah

Tinggalkan Komentar