Harga Naik, Petani Gambir Pesisir Selatan Harapkan Ini

Pratama
6 Jun 2023 10:39
Daerah 0 11
2 menit membaca

Bandasapuluah.com – Petani gambir di Pesisir Selatan mulai bisa tersenyum bahagia. Jerih keringat mereka bertani di ladang terbayarkan dengan harga gambir yang terus naik .

Harga komoditi gambir di tingkat petani di Pesisir Selatan terpantau naik sejak beberapa pekan ini. Kenaikan harga gambir siap olah itu mencapai Rp24 ribu dari Rp18 ribu menjadi 42 ribu.

Salah satu toke gambir di Kecamatan Sutera Engki mengatakan, saat ini harga getah gambir di tingkat petani dengan kadar air 15 persen telah dihargai Rp 40 ribu hingga Rp 42 ribu per kilogram, dari Rp 18 ribu per kilogram tiga pekan lalu.

“Kenaikan harga getah gambir di tingkat petani dengan kadar air 15 persen menjadi Rp 42 ribu dari Rp 18 ribu per kilogram ini merupakan kabar gembira bagi petani gambir khususnya di daerah ini. Sebab dengan harga di atas Rp 40 ribu itu para petani gambir akan bisa hidup lebih sejahtera,” kata Engki.

Meskipun sebagai pedagang, namun ia tetap berharap harga getah gambir itu bisa terus bertahan bahkan bisa terus naik.

“Ini saya sampaikan, sebab dengan harga yang pantas dan wajar itu, petani gambir juga bersemangat mengolah lahannya, atau tidak membiarkan tanaman gambirnya terlantar. Sebagai pedagang saya juga lancar membeli getah gambir kepada petani atau tidak terputus sebagaimana ketika harga gambir anjlok,” ujarnya.

Petani gambir di Nagari Rawang Gunung Malelo, Kecamatan Sutera, mengakui kepada Padang Ekspres bahwa dia bersama petani gambir lainnya di nagari itu kembali giat mengolah lahan gambir.

“Saat harga getah gambir Rp 18 ribu per kilogram, kami memang tidak bersemangat mengolah lahan. Sebab dengan harga itu biaya produksi tidak sebanding dengan penjualan. Daripada merugi dan menghabiskan waktu saja, sehingga kami lebih memilih membiarkan tanaman ini tumbuh tanpa dipanen,” ucapnya.

Diakuinya bahwa harga di kisaran Rp 40 ribu hingga Rp 42 ribu itu merupakan harga terbaik sejak beberapa tahun terakhir.

“Saya katakan demikian, karena selama ini harga tertinggi getah gambir ini hanya bertahan di kisaran Rp 23 ribu hingga Rp 24 ribu per kilogramnya. Dari itu kami berharap harga saat ini bisa terus bertahan, atau bisa lebih meningkat lagi agar petani gambir benar-benar bisa hidup lebih sejahtera,” harapnya

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *