Budaya  

KAN Pelangai Bakal Kukuhkan Gelar Datuak Rajo Basa

Lembaga Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pelangai, Pesisir Selatan bakal mengukuhkan gelar adat Datuak Rajo Basa dari suku Malayu Ampek Nyinyiak. Foto: Bandasapuluah.com/Afrizal
Lowongan Kerja

Bandasapuluah.com – Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pelangai, Kabupaten Pesisir Selatan bakal mengukuhkan gelar adat Datuak Rajo Basa dari suku Malayu Ampek Nyinyiak.

Hal itu berdasarkan dari sidang pleno sako dan pusako malewakan Datuak Rajo Basa yang di gelar niniak mamak KAN Pelangai, Ahad (7/8).

Dari rapat pleno itu, yang akan menyandang gelar adat Datuak Rajo Basa dari suku Melayu Ampek Nyinyiak adalah Marudin.

Kesepakatan tersebut melalui sesi sako dan pusako dan tertuang dalam SK KAN Pelangai dengan nomor: 08/KAN-PES/2022 yang di tandatangani oleh Rajo Adat sekaligus Ketua KAN Pelangai Marwan Tuanku Sutan Pariaman pada 7 Agustus 2022.

“Keputusan ini turut mendengar, membahas, dan menimbang permohonan dari niniak mamak Melayu Ampek Nyinyiak dan kaum Datuak Rajo Basa pada 21 Juli 2022,” kata Marwan Tuanku Sutan Pariaman di Balai KAN Pelangai, Minggu (7/8).

Baca Juga:  Diduga Mesum dengan Kakak Ipar, Oknum Polisi di Pessel Bersembunyi di Bawah Ranjang Saat Digrebek Warga

Menurut Marwan, kemenakan yang seranji setali darah, sasasok sapanjuramian, sapandam sapakuburan dalam kaum Datuak Rajo Basa sepakat memberikan amanah untuk pemimpin kaum kepada Marudin untuk menjunjung gelar Datuak Rajo Basa Niniak Mamak Nagari Pelangai dengan menggunakan ketentuan sepanjang adat Nagari Pelangai “Mambangkik Batang Tarandam”.

“Untuk pertimbangan selanjutnya, kami serahkan hasilnya pada sidang pleno Kerapatan Adat Nagari Pelangai agar dapat di terima,” ujarnya.

Datuak Rajo Basa

Klik untuk melanjutkan membaca halaman selanjutnya tentang Datuak Rajo Basa…

ZC Ali Tanjung
  • Dapatkan berita dan artikel terbaru bandasapuluah.com di Google News
  • Gabung di Grup Facebook Kaba Bandasapuluah untuk mendapatkan informasi berita terbaru dan terlengkap hari ini.
  • Update terus berita terbaru dan terlengkap hari ini dengan menyukai Halaman Facebook bandasapuluah

Tinggalkan Komentar