Zarfi Deson Kemas Reses dengan Gotong Royong, Masyarakat Tuai Langsung Manfaatnya

Selasa, 25 Juli 2023 - 16:18 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PAINAN – Beda dari yang lain, reses anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Zarfi Deson dikemas dalam bentuk gotong royong bersama masyarakat.s Pada Selasa (25/7/2023), reses masa persidangan ketiga tahun 2023 di Kampung Pandarahan, Nagari Pasia Palangai, Kecamatan Ranah Pesisir.

Di daerah tersebut, Zarfi Deson bersama masyarakat melakukan gotong royong memasang gorong-gorong. Gorong-gorong tersebut menghubungkan jalan lingkar di Kampung Pandarahan.

Turut hadir dalam acara tersebut Wali Nagari Pasia Palangai Alwisman berserta perangkat, Bamus, tokoh masyarakat, pemuda serta tamu undangan lainnya.

ADVERTISEMENT

space kosong

SCROLL TO RESUME CONTENT

Elis, masyarakat setempat mengatakan, pemasangan gorong-gorong tersebut sangat membantu masyarakat Kampung Pandarahan. Selain menyingkat waktu, gorong-gorong itu juga menjamin keselamatan masyarakat yang melintas.

Selama ini, kata Elis, penghubung jalan lingkar itu hanya berupa titian kayu. Ketika musim hujan, titian kayu itu licin dan tak jarang pengendara banyak tergelincir jatuh ke parit di bawahnya.

Ia menambahkan, dengan adanya akses itu nantinya, akan semakin memudahkan masyarakat yang rerata petani di daerah tersebut mengeluarkan hasil bumi. “Dapat meringkas waktu kami. Kalau tidak ada ini, kami harus memutar jauh,” katanya.

Senada dengan itu, masyarakat lainnya, Dasran mengaku senang atas kegiatan reses tersebut. Ia mengaku bangga telah dikunjungi oleh Zarfi Deson yang notabene seorang anggota DPRD Sumbar.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai petani itu menilai meskipun acara reses yang dikemas dalam bentuk gotong royong tidak terlalu besar, tapi ia menganggap acara tersebut sangat berarti. Dampak kegiatan itu, sambungnya, dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Kami sangat senang dengan acara hari ini. Kami dapat bertatap muka dan bercengkrama dengan bapak,” kata dia.

Ia dan masyarakat setempat, sebutnya, telah menyatukan niat serta membulatkan tekad untuk kembali mendukung Zarfi Deson untuk maju dalam pemilihan umum 2024 mendatang.

“Kami doakan semoga bapak diberi umur panjang, selalu sehat dan mudahan kembali terpilih sebagai anggota DPRD Sumbar,” harapnya.

Sementara itu, Wali Nagari Pasia Palangai Alwisman menyampaikan, reses ini bermula dari laporan masyarakat bahwa mereka membutuhkan jembatan untuk mempermudah akses transportasi. Di jalan lingkar itu hampir ditempati sekitar 70 kepala keluarga

Laporan yang diterimanya itu kemudian dia sampaikan kepada Zarfi Deson. Dayung bersambut, usulan itu pun disambut baik oleh Zarfi Deson.

“Jadi selaku wali nagari dan karena dekat dengan bapak Deson, kami mencoba menghubungi beliau, maka terjadilah reses di nagari kita ini,” tuturnya.

Ia menambahkan, selaku wali nagari dan masyarakat mengucapkan terimakasih atas banyaknya kontribusinya untuk pembangunan dan kemajuan di nagari yang dipimpinnya.

Dikatakan Alwisman, Zarfi Deson telah banyak membantu daerah tersebut melalui program dan kegiatannya yang berasal dari perjuangannya di DPRD maupun dana pokok pikirannya.

Kata dia, di Nagari Pasia Palangai, pria yang akrab disapa Deson itu telah membangun dua titik jalan tani. Untuk petani, ia juga telah membantu mesin pertanian ataupun bibit pertanian.

Ia pun berharap agar Deson kembali terpilih menjadi anggota DPRD Sumbar pada pemilu 2019. Harapan wali nagari pun diamini oleh masyarakat yang hadir.

“Kami sangat berharap agar bapak Zarfi Deson kembali duduk sebagai anggota DPRD Sumbar. Besar harapan yang kami tumpangkan kepada bapak,” harapnya.

Disebutkan, masyarakat harus cerdas dalam berpolitik. Ia pun mengajak masyarakat untuk memilih wakil rakyat yang dekat dengan rakyat dan telah terbukti berbuat.

Zarfi Deson dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih atas kehadiran masyarakat dalam acara itu. Masyarakat, katanya, rela meninggalkan pekerjaannya untuk bergotong royong dalam acara reses tersebut.

“Semoga apa yang kita lakukan hari ini menjadi amal ibadah bagi kita semua,” katanya.

Deson mengatakan, ia memilih reses dengan cara dikemas dalam bentuk gotong royong. Masyarakat yang bekerja sebagai petani, nelayan serta pedagang kecil tak sungkan untuk hadir.

Menurutnya, dengan reses seperti ini lebih bisa menyentuh dan mendengar masalah masyarakat secara langsung. Jika dilaksanakan di gedung, kemungkinan hanya diikuti oleh orang berpakaian rapi dan berdasi, sehingga petani dan nelayan enggan untuk menghadiri.

“Dengan begini kita bisa mendengar langsung aspirasi masyarakat dan mengetahui masalah apa yang tengah dihadapi masyarakat, kita langsung jemput bola” ujarnya.

Dengan menjemput bola langsung ke masyarakat, ia menilai nilai-nilai luhur sebagai bangsa Indonesia yaitu bergotong royong terus terpelihara.

Kata Deson, kebersamaan dan kekompakan dalam gotong royong adalah suatu kebanggaan. Untuk itu, ia mengajak masyarakat untuk terus membina dan memelihara kebersamaan dan kekompakan.

“Mari terus kita jaga kebersamaan dan kekompakan kita. Basamo mako manjadi,” sebutnya.

Menanggapi dukungan dari masyarakat, ia mengucapkan terimakasih atas kepercayaan masyarakat kepada dirinya.

Ia mengaku tidak bisa lepas dari masyarakat banyak. Sebab, ia bisa menjadi seperti sekarang karena masyarakat banyak.

Deson mengatakan, segala permasalahan yang dihadapi masyarakat akan ditampung dan dicarikan solusinya. “Karena itulah tugas dan fungsi dari anggota DPRD yang telah bapak ibu pilih,” kata Deson.

Ia terus berkomitmen untuk membangkitkan perekonomian masyarakat. Dengan wewenang yang ia punya, ia akan terus memperjuangkannya.

“Selagi wewenang pemerintah provinsi, akan terus kita perjuangkan,” pungkasnya.

Berita Terkait

Dari Awal hingga Akhiri Jabatan Bupati Pesisir Selatan, Kekayaan Hendrajoni Cuma Bertambah Rp53 Juta
Pemuda Kampung Tanjung Tarusan Salurkan Bantuan Sembako untuk Korban Bencana Galodo Sumbar
3 Tahun Jabat Bupati Pesisir Selatan, Kekayaan Rusma Yul Anwar Meroket
Kekayaan Rusma Yul Anwar Dilaporkan Menurun, Segini Jumlahnya
Seorang Lansia Mengamuk dengan Sebilah Pisau di Pesisir Selatan, 1 Orang Tewas dan 1 Orang Alami Luka Serius
Angkat Tema Kuatkan Soliditas dan Solidaritas, Halal Bihalal IKRAP Jakarta 2024 Sukses Digelar
Bawaslu Pessel Umumkan Pendaftaran PKD untuk Pilkada Pessel 2024, Ini Syaratnya
Diskusi dengan Mahasiswa Pessel, Welly Bernando Serap Aspirasi Generasi Muda
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 28 Mei 2024 - 11:13 WIB

Dari Awal hingga Akhiri Jabatan Bupati Pesisir Selatan, Kekayaan Hendrajoni Cuma Bertambah Rp53 Juta

Senin, 27 Mei 2024 - 21:20 WIB

Pemuda Kampung Tanjung Tarusan Salurkan Bantuan Sembako untuk Korban Bencana Galodo Sumbar

Senin, 27 Mei 2024 - 20:18 WIB

3 Tahun Jabat Bupati Pesisir Selatan, Kekayaan Rusma Yul Anwar Meroket

Senin, 27 Mei 2024 - 20:09 WIB

Kekayaan Rusma Yul Anwar Dilaporkan Menurun, Segini Jumlahnya

Senin, 20 Mei 2024 - 09:55 WIB

Angkat Tema Kuatkan Soliditas dan Solidaritas, Halal Bihalal IKRAP Jakarta 2024 Sukses Digelar

Sabtu, 18 Mei 2024 - 11:50 WIB

Bawaslu Pessel Umumkan Pendaftaran PKD untuk Pilkada Pessel 2024, Ini Syaratnya

Kamis, 16 Mei 2024 - 19:39 WIB

Diskusi dengan Mahasiswa Pessel, Welly Bernando Serap Aspirasi Generasi Muda

Rabu, 15 Mei 2024 - 11:45 WIB

Terima Dana Hibah Rp1 Miliar, KONI Pessel Harus Bangkit dari Tidur

Berita Terbaru