Baru 114 Penduduk Pessel yang Miliki Identitas Digital, Disdukcapil Intensifkan Sosialisasi

Afrizal
3 Agu 2022 11:56
Berita 0 16
2 menit membaca

Bandasapuluah.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Pesisir Selatan terus mengintensifkan sosialisasi penerapan DIGITAL ID atau Identitas Kependudukan Digital.

Kepala Disdukcapil Pessel Evafauza Yuliasman menyampaikan, pihaknya terus mengintensifkan sosialisasi kepada masyarakat melalui berbagai sarana yang ada.

Evafauza mengungkapkan, DIGITAL ID atau Identitas Kependudukan Digital adalah sebuah inovasi yang diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Identitas kependudukan digital tersebut, kata Evafauza, sekarang juga tengah di ujicobakan kepada aparatur di Dinas Dukcapil Pessel

“Berdasarkan data yang ada, sampai saat ini sudah terdaftar sebanyak 114 orang penduduk Pessel yang mengakses dan memiliki identitas digital,” ungkapnya.

Kata Evafauza, 114 orang itu berasal dari seluruh aparatur Disdukcapil, dan beberapa ASN Pemprov Sumbar yang terdata sebagai penduduk Pessel.

Ia mengklaim, target sasaran sesuai instruksi Dirjen Dukcapil di daerah itu sudah terpenuhi.

“Agar bisa tercapai maksimal, kami akan mengintensifkan sosialisasinya kepada masyarakat melalui berbagai sarana yang ada,” paparnya.

Lebih lanjut, pihaknya akan memfasilitasi seluruh ASN di lingkungan Pemkab Pessel untuk meregistrasi aplikasi Digital ID pada perangkat telepon pintar masing-masing pegawai.

“Itu kita lakukan sembari menunggu petunjuk lanjutan dari Dirjen Dukcapil,” ucapnya.

Walau demikian, sambungnya, pihaknya tetap akan memberikan pelayanan secara manual kepada masyarakat.

“Sebab tidak sumua yang melek dengan IT, terutama sekali bagi mereka yang berusia lanjut,” tutupnya

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *