Berita  

Lomba Pacu Jawi Dimulai: Diikuti Ratusan Sapi dan Bisa Disaksikan Tiap Minggu

pacu jawi
Alek Nagari Pacu Jawi se Tanah dibuka. Pacu Jawi itu bisa disaksikan tiap Minggu.
Lowongan Kerja

Bandasapuluah.com – Lomba Pacu Jawi se-Tanah Datar dimulai. Ratusan ekor sapi bakal berpartisipasi dalam Alek Anak Nagari Pacu Jawi itu.

Acara itu sendiri di buka secara resmi oleh Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, Sabtu (23/7), di Sawah Ekor Koto Ampalu, Nagari Gurun Kecamatan Sungai Tarab, Tanah Datar.

Ketua Persatuan Olahraga Pacu Jawi (Porwi) Tanah Datar Aristo Dt Indomo mengatakan, kegiatan ini digelar selama satu bulan setiap hari Sabtu yaitu tanggal 23 dan 30 Juli 2022 dan tanggal 6 dan 13 Agustus 2022 mendatang.

“Diikuti sekitar ratusan ekor sapi dari beberapa kecamatan se-Tanah Datar,” terang Aristo.

Ia menambahkan, bagi masyarakat di Kabupaten Datar, pacu jawi mempunyai banyak makna. Salah satunya mengingatkan masyarakat untuk berjalan lurus dan mampu bekerja sama dengan baik tanpa bersinggungan.

Baca Juga:  Laju Pertumbuhan Ekonomi di Atas Rata-rata, Pemko Solok Susun Regulasi Kemudahan Investasi

Nilai luhur disebutkan juga terkandung di dalam tradisi ini. Selain meningkatkan silaturahim, pacu jawi juga mengenalkan adat dan budaya.

“Manfaat lain Pacu Jawi ini juga mampu meningkatkan harga sapi, sehingga bisa menggerakkan perekonomian masyarakat di sekitarnya,” tuturnya.

Senada dengan itu, Wabup Tanah Datar dalam sambutannya mengatakan, saat ini Pacu Jawi tidak lagi sekedar tradisi atau wujud rasa syukur bagi masyarakat kepada Allah SWT atas hasil panen yang didapat.

Klik untuk melanjutkan membaca tentang Pacu Jawi…

ZC Ali Tanjung
  • Dapatkan berita dan artikel terbaru bandasapuluah.com di Google News
  • Gabung di Grup Facebook Kaba Bandasapuluah untuk mendapatkan informasi berita terbaru dan terlengkap hari ini.
  • Update terus berita terbaru dan terlengkap hari ini dengan menyukai Halaman Facebook bandasapuluah

Tinggalkan Komentar